Sabtu, 05 Juni 2010

PETANI JATIM KECEWA PENUNDAAN FORNAS P4S

BILD SURABAYA-Pada Hari Jumat, 4 Juni 2010 Pukul 08:10:28 WIB Petani Jatim yang tergabung dalam Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) kecewa atas penundaan pertemuan Forum Nasional (Fornas) II tahun 2010 di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Ketua P4S Jatim, Ir Totok Sudarianto, Jumat (4/6) mengatakan, semula, kegiatan tersebut sedianya akan diselenggarakan pada 18-21 Juni. Namun karena pada tanggal tersebut bersamaan dengan Munas salah satu partai politik dimana Menteri Pertanian, Suswono akan menghadirinya. Makan Fornas P4S ditunda hingga belum jelas waktu penggantinya.

Surat penundaan acara tersebut telah diterima pengurus P4S Jatim. Akibatnya, persiapan kontingen yang kini telah mencapai 85% tersia-siakan. Beberapa persiapan, antaralain berupa stand pameran hasil produk hortikultura yang siap dikirimkan untuk diikutsertakan dalam pemeran, tiket pesawat yang telah dipesan dengan ratusan peserta, serta materi pelatihan dari petani teladan di Jatim.

Dikatakannya, kegiatan Fornas sebenarnya telah dipersiapkan sejak dua tahun lalu. Lamanya persiapan karena memilih lokasi untuk tempat pertemuan antar petani, serta penyiapan materi untuk kegiatan. Selain itu, juga mempertimbangkan sarana menuju lokasi yang mudah dijangkau petani.

Selama Fornas P4S II-2010 akan diselenggarakan kegitan-kegiatan, antara lain dialog interaktif langsung bertatap muka dengan Menteri Pertanian, Menteri Kelautan dan Perikanan, Mendiknas, Menakertrans, Menpora, Menteri Pemberdayaan Perempuan, Komisi IV DPR-RI dan Gubernur Sulsel. Dalam dialoginteraktif ini Menteri Pertanian didampingi oleh seluruh Eselon I lingkup Kementerian Pertanian.

Kegiatan lain berupa, pameran dan temu usaha, unjuk keunggulan P4S, pengembangan manajemen bagi pengelola P4S, seminar nasional P4S, studi banding, sosialisasi pedoman pembinaan kelembagaan pelatihan swadaya, upacara Hari Krida Pertanian (HKP) dan Penutupan.

Kegiatan tersebut diharapkan setelah mengikuti Fornas pengelola P4S dapat bertukar pikiran, pengalaman, dan wawasan dalam meningkatkan pengelolaan. Terpromosikannya P4S dan pelatihan-pelatihan yang ditawarkan oleh P4S, serta terjalinnya kemitraan antar sesama pengelola maupun diantara lembaga dengan pihak pemerintah dan swasta juga menjadi harapan adanya kegiatan itu. Diperolehnya hasil evaluasi program kerja FK-P4S periode 2007-2009; dan terbentuknya program kerja FK-P4S periode 2010-2013 juga menjadi agenda utama pertemuan tersebut.

P4S adalah lembaga pendidikan di bidang pertanian dan pedesaan yang dimiliki dan dikelola oleh petani-nelayan baik secara perorangan maupun berkelompok, dan bukan merupakan instansi pemerintah.
Terselenggaranya program-program pelatihan bagi para petani-nelayan di bidang pertanian, perindustrian dan usaha pedesaan lainnya secara teratur dan berkesinambungan. Organisasi P4S adalah sederhana dan dikembangkan sesuai kebutuhan.

Manajemen P4S juga mampu mengakomodasi bentuk pelatihan yang bersifat permagangan yang menekankan pada keakraban dan kekeluargaan antara peserta pelatihan dan pengajar/induk semang. Sebagai lembaga swadaya masyarakat P4S dapat bernaung di bawah badan hukum yang berbentuk yayasan atau koperasi (Ronny & Tia)

1 komentar:

  1. Salam Tani
    Ya wajarlah kecewa tentang penundaan itu namun yang lebih mengecewakan adalah kedisiplinan para peserta itu sendiri yang telah membubarkan diri sebelum ditutup secara resmi. Kebetulan sy ikut di acara tersebut.

    Pelaksanaan Fornas II P4S yang berlangsung di Kab. Takalar, setidaknya masih acara sekedar rutinitas, kelihatan tanpa makna guna memberdayakan petani, terlalu di monopoli oleh BBPP dalam event, jadinya kreatifitas para lembaga, mislanya LM3 (yg menjadi peserta) juga termasuk para penyuluh sendiri tanpa mendapat arti yang fundamental dalan acara tersebut, hanya sekedar seremoni belaka. Akhirnya mubadzir anggaran.

    Namun terlepas koreksi diatas, paling yg dirasakan adalah makna silaturrahim saja, tanpa adanya pertukaran pengalaman dan pengetahuan (teknologi), acara monoton pameran tanpa roh.

    Terbukti pameran ditutup jumat 23 juli, namun peserta pada bubar kamis, arena pamenran sudah kosong….memalukan saja……..

    Ini jadi PR kita bersama, yang perlu diminimalisir pola sedemikian ini, PR bagi BBPP itu sendiri dan haruslah profesional tanpa mengendepankan kepentingan pribadi…..

    Hal dialog interaktif di arena Fornas II tersebut, rasanya masih kurang karena materi klasik saja…ya KUR dan bentuk bantuan lainnya, namun tidak mencermati apa geliat petani yang sebenarnya di lapangan….Ah seremoni saja, kebetulan sy ikut di acara tersebut, jd sy bukan subyektif sobat tani Indonesia.

    Maju Petani Indonesia

    BalasHapus

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL  & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL  & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

IDUL FITRI TAHUN 2010

IDUL FITRI TAHUN 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

IDUL FITRI TAHUN 2010

IDUL FITRI TAHUN 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

DIRGAHAYU RI KE 65 TAHUN

DIRGAHAYU RI KE 65 TAHUN
MARI KITA BERANTAS KORUPSI

DIRGAHAYURI KE 65 TAHUN

DIRGAHAYURI KE 65 TAHUN
MARI KITA BERANTAS KORUPSI

FU WALIKOTAKU

FU WALIKOTAKU
INGAT TANGGAL 2 JUNE 20010 COBELOS NO 2

NARKOBA & MIRAS ADALAH KEMATIAN

NARKOBA & MIRAS ADALAH KEMATIAN
JANGAN COBA-COBA MENIKMATI NARKOBA & MIRAS BILA TIDAK MAU JADI MAYAT/MENINGGAL PESAN DARI BADAN NARKOBA NASIONAL INDONESIA & JERMAN

NATAL 2009

NATAL 2009

TAHUN BARU 2010

TAHUN BARU 2010

GONG XI FA CAI 2010

GONG XI FA CAI 2010
REDAKSI BERLIN DEUTSCHLAND TV & ZEITUNG GROUP MENGGUCAKAN SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA CHINA 2010 “GONG XI FA CAI”

SELAMAT JALAN "KH Abdurahman Wahid/Gus Dur'

SELAMAT JALAN "KH Abdurahman Wahid/Gus Dur'

WAKIL GEBENUR JATIM TRIMARJONO

WAKIL GEBENUR  JATIM TRIMARJONO
REDAKSI BERLIN DEUTSCHLAND TV & ZEITUNG GROUP IKUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGALNYA WAKIL GEBENUR JATIM BPK TRIMARJONO SEMOGA ARWA ANDA DI TERIMA OLEHNYA & KELUARGA YANG DI TINGGALKAN DI BERIKESEHATAN DAN KEKUATAN DARI TUHAN

WANTED DEUTSCHE POLIZEI

WANTED DEUTSCHE POLIZEI
HER LIE,UMUR 60 TAHUN,HATI-HATI DENGAN ORANG INI. JAUHKAN ANAK-ANAK ANDA DARI ORANG INI. KARENA NANTI ANAK ANDA BISA HILANG DARI ANDA. MASYAKARKAT YANG MENGGETAHUI ANDA BISA HUBUNGI KANTOR POLISI JERMAN DI BERLIN Tel (04930) 4664664,Hamburg Tel: (04940) 19296,428676767,428650 E-Mail: lka.7011@hamburg.de ATAU HUBUNGI REDAKSI BILD REDAKSI DI TEL (06231)70696441

JERITAN HATI MASYARAKAT 4

JERITAN HATI MASYARAKAT 4
HARI INI MASIH ADA PEJABAT YANG MENGGUNAKAN JILBAB MENGHINA WARTAWAN MEDIA CETAK MINGGUAN. BILA SEMUA PEJABAT MEMILIKI SIFAT BURUK. INDONESIA JADI APA? DAN APA KATA DUNIA

JERITAN HATI MASYARAKAT 3

JERITAN HATI MASYARAKAT 3
HARI INI MASIH ADA PEJABAT/STAF PAJAK & KEMENTERIAN KEUANGAN CURI UANG MASYARAKAT. APA KATA DUNIA? (BILD RI 28 MARET 2010)

JERITAN HATI MASYARAKAT 2

JERITAN HATI MASYARAKAT 2
HARI INI IBU SRI MULIANI MASIH MILIKI SIFAT MUNAK & SUKA MEMBUAL APA KATA DUNIA? (BILD RI 25 MARET 2010)

JERITAN HATI MASYARAKAT 1

JERITAN HATI MASYARAKAT 1
HARI INI MASIH ADA PEJABAT KORUPSI APA KATA DUNIA? (BILD RI 20 MARET 2010)