Kamis, 06 Mei 2010

MAFIA PERBANKAN INDONESIA MENJADI DIREKTUR BANK DUNIA

BILD SURABAYA-Pada Hari Kamis, 06 Mei 2010 Pukul 10 WIB Wartawan BILD Surabaya membaca koran jawapos dengan tema “Sri Mulyani Direktur Pelaksana Bank Dunia & Mundur dari Menkeu, SBY Langsung Setuju”;ini berita selengkapnya

- Di tengah sorotan tentang sejumlah kebijakan yang pernah diputuskannya, Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengajukan surat pengunduran diri kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hal itu terkait dengan penunjukan dirinya sebagai managing director (direktur pelaksana) Bank Dunia (World Bank). Sri Mulyani menggantikan Juan Jose Daboub, mantan menteri keuangan El Salvador, mulai 1 Juni mendatang.

SBY telah menerima surat pengunduran diri tersebut kemarin (5/5). Dia juga telah menyetujui penunjukan Sri Mulyani sebagai managing director Bank Dunia.

''Respons saya adalah saya menyetujui setelah juga mendengarkan permohonan dari Ibu Sri Mulyani Indrawati untuk menjabat managing director di Bank Dunia. Dengan catatan, sebelum menempati posisi yang baru, saya berharap Ibu Sri Mulyani merampungkan tugas-tugas dan urusannya di dalam negeri,'' tutur SBY dalam pernyataan resmi di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin (5/5).

Jabatan baru itu seolah menjadi ''jalan tengah'' bagi nasib Sri Mulyani. Sebelumnya, bersama Wapres Boediono (saat itu gubernur Bank Indonesia), dia dianggap bertanggung jawab atas kebijakan penyaluran dana talangan (bailout) Rp 6,7 triliun ke Bank Century.

Saat itu, sebagai Menkeu, Sri Mulyani menjabat ketua KSSK (Komite Stabilitas Sektor Keuangan).

Para anggota DPR pun mendesak Sri Mulyani dan Boediono nonaktif dari jabatannya sambil menunggu pe¬nyelidikan kasus tersebut tuntas. Sebagian malah menuntut mereka mundur.

Belakangan, Sri Mulyani kembali disorot terkait kasus penggelapan pajak Paulus Tumewu, komisaris utama PT Ramayana Lestari Sentosa. Ketika berkas Paulus dinyatakan lengkap oleh kejaksaan dan siap dilimpahkan ke pengadilan, Sri Mulyani mengirimkan surat kepada jaksa agung untuk minta penghentian kasus tersebut. Alasannya, Paulus telah melunasi tunggakan pajaknya Rp 7,99 miliar berikut denda 400 persen. Lantas, keluarlah SKPP (surat ketetapan penghentian penuntutan) bagi Paulus.

Dengan jabatan barunya itu, Sri Mulyani bakal berkantor di Washington DC, AS. Dia sudah harus berada di markas Bank Dunia pada 1 Juni mendatang. Di Bank Dunia, managing director merupakan jabatan tertinggi kedua setelah presiden yang kini diduduki Robert Bruce Zoellick, mantan wakil Menlu AS. Zoellick bertugas sejak 1 Juli 2007 menggantikan Paul D. Wolfowitz.

Selama ini, jabatan presiden Bank Dunia selalu diisi warga AS. Karena itu, managing director adalah jabatan tertinggi di Bank Dunia yang bisa diduduki warga non-AS. Di forum internasional, Sri Mulyani termasuk yang cukup getol menyuarakan agar jabatan puncak Bank Dunia tidak hanya diisi warga AS.

Saat ini Bank Dunia beranggotakan 186 negara. Sri Mulyani akan menjadi salah seorang di antara tiga managing director Bank Dunia. Sri Mulyani akan mengawasi tiga bidang. Di anta¬ranya, wilayah Amerika Latin dan Karibia, Timur Tengah dan Afrika Utara, serta Asia Timur dan Pasifik. Dia juga akan mengawasi Kelompok Sistem Informasi. Direktur pelaksana terakhir yang ditunjuk Zoellick adalah Ngozi Okonjo-Iweala. Dia adalah mantan menteri keuangan dan menteri luar negeri Nigeria pada Oktober 2007. Direktur pelaksana ketiga, Graeme Wheeler, pada Januari lalu mengatakan akan meninggalkan lembaga itu akhir bulan depan. Wheeler bekerja di Departemen Keuangan Selandia Baru sebelum bergabung dengan Bank Dunia.

SBY mengungkapkan, dirinya menerima surat resmi dari Presiden Bank Dunia Robert Zoellick pada 30 April 2010 ketika rapat kerja di Istana Tampaksiring, Bali. Surat tertanggal 25 April itu berisi permintaan dari Zoellick untuk merekrut Sri Mulyani. Sebelum menyampaikan suratnya secara resmi, Zoellick berbicara dengan SBY secara informal untuk meminta izin merekrut Sri Mulyani.

SBY menyatakan, Indonesia telah kehilangan salah seorang menteri terbaik. ''Kita menge¬tahui, selaku Menkeu, Ibu Sri Mulyani telah bekerja keras untuk mengembangkan kebijakan fiskal yang tepat,'' tuturnya.

Dia juga memuji bahwa Sri Mulyani telah gigih mereformasi bidang keuangan untuk mendisiplinkan penggunaan anggaran. Termasuk, akuntabilitas atau pertanggungjawaban APBN. SBY pun menyinggung reformasi perpajakan dan bea cukai yang dinilai telah berhasil meningkatkan pe¬nerimaan negara secara signifikan.

Selain itu, SBY memuji Sri Mul¬yani sebagai ujung tombak diplomasi internasional. Terutama dalam kelompok negara G-20 (forum 20 negara maju dan berkembang) serta forum ekonomi internasional lain. Dia juga me¬nyebut Sri Mulyani telah bekerja keras dalam menyelamatkan perekonomian nasional dari dampak kri¬sis keuangan global pada 2008.

Meski merasa kehilangan, SBY menyatakan posisi baru Sri Mulyani juga sangat penting. ''Saya berharap Ibu Sri Mulyani bisa memperkuat Bank Dunia dan bisa menjadi jembatan Bank Dunia dengan negara-negara berkembang di Asia. Termasuk, Bank Dunia dengan Indonesia,'' ungkapnya.

SBY menyatakan pengganti Sri Mulyani nanti harus tetap menjalankan kebijakan makroekonomi dan kebijakan fiskal secara hati-hati dan tepat. ''Yang jelas, reformasi dalam bidang keuangan, perpajakan, serta bea dan cukai juga akan kita teruskan dan lanjutkan. Kita efektifkan,'' tegasnya. Sepeninggal Sri Mulyani, SBY berharap Menkeu baru tetap mengemban tugas di forum seperti G-20.

Secara terpisah, Sri Mulyani membenarkan soal pengunduran dirinya sebagai menkeu dan penunjukannya sebagai managing director Bank Dunia. ''Iya. Berita itu benar,'' ujarnya saat ditemui di Pacific Place, Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, kemarin.

Dia menyatakan masih me¬nunggu persetujuan resmi dari Presiden SBY. ''Sementara ini saya tetap menjalankan tugas dan proses di Kementerian Keuangan,'' katanya.

Siang kemarin Sri Mulyani sempat mengatakan akan mengadakan konferensi pers terkait dengan rencana pengunduran dirinya. Konferensi pers yang sedianya dilakukan pukul 13.00 diundur menjadi pukul 16.00. Namun, menjelang sore konferensi pers itu ternyata dibatalkan.

Sementara itu, berita mundurnya Sri Mulyani mendapat respons dari koleganya. Inspektur Jenderal Kemenkeu Hekinus Manao mengaku kehilangan. ''Saya kaget dan merasa kehilangan. Tapi, dari sisi lain, ya bangga karena beliau mendapat kepercayaan dengan alasan-alasan yang mengakui kemampuan beliau.''

Menurut Hekinus, kabar me¬ngenai mundurnya Sri Mulyani sudah disampaikan pada acara breakfast meeting dengan pejabat Kemenkeu kemarin. Hekinus menyebut, proses pemilihan Sri Mulyani sebagai managing director berlangsung sejak akhir tahun lalu. ''Tim dari Komite Bank Dunia sudah mencari informasi tentang Sri Mulyani dan akhirnya dia berada dalam puncak daftar kandidat,'' katanya.

Menurut Wartawan BILD SURABAYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL  & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

NATAL & TAHUN BARU 2011

NATAL  & TAHUN BARU 2011
KITA BERSYUKUR BISA MERAYAKAN HARI NATAL & TAHUN BARU MAKA DARI ITU KITA HARUS MENGHARGAI & MEMBANTU ORANG YANG MEMBUTUHKAN SERTA KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITI KITA

IDUL FITRI TAHUN 2010

IDUL FITRI TAHUN 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

IDUL FITRI TAHUN 2010

IDUL FITRI TAHUN 2010
DALAM HARI FITRI INI KITA HARUS BISA MENGHARGAI ORANG LAINH & KITA HARUS BISA MEMAAFKAN ORANG LAIN YANG MENYAKITKAN DIRI KITA

DIRGAHAYU RI KE 65 TAHUN

DIRGAHAYU RI KE 65 TAHUN
MARI KITA BERANTAS KORUPSI

DIRGAHAYURI KE 65 TAHUN

DIRGAHAYURI KE 65 TAHUN
MARI KITA BERANTAS KORUPSI

FU WALIKOTAKU

FU WALIKOTAKU
INGAT TANGGAL 2 JUNE 20010 COBELOS NO 2

NARKOBA & MIRAS ADALAH KEMATIAN

NARKOBA & MIRAS ADALAH KEMATIAN
JANGAN COBA-COBA MENIKMATI NARKOBA & MIRAS BILA TIDAK MAU JADI MAYAT/MENINGGAL PESAN DARI BADAN NARKOBA NASIONAL INDONESIA & JERMAN

NATAL 2009

NATAL 2009

TAHUN BARU 2010

TAHUN BARU 2010

GONG XI FA CAI 2010

GONG XI FA CAI 2010
REDAKSI BERLIN DEUTSCHLAND TV & ZEITUNG GROUP MENGGUCAKAN SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA CHINA 2010 “GONG XI FA CAI”

SELAMAT JALAN "KH Abdurahman Wahid/Gus Dur'

SELAMAT JALAN "KH Abdurahman Wahid/Gus Dur'

WAKIL GEBENUR JATIM TRIMARJONO

WAKIL GEBENUR  JATIM TRIMARJONO
REDAKSI BERLIN DEUTSCHLAND TV & ZEITUNG GROUP IKUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGALNYA WAKIL GEBENUR JATIM BPK TRIMARJONO SEMOGA ARWA ANDA DI TERIMA OLEHNYA & KELUARGA YANG DI TINGGALKAN DI BERIKESEHATAN DAN KEKUATAN DARI TUHAN

WANTED DEUTSCHE POLIZEI

WANTED DEUTSCHE POLIZEI
HER LIE,UMUR 60 TAHUN,HATI-HATI DENGAN ORANG INI. JAUHKAN ANAK-ANAK ANDA DARI ORANG INI. KARENA NANTI ANAK ANDA BISA HILANG DARI ANDA. MASYAKARKAT YANG MENGGETAHUI ANDA BISA HUBUNGI KANTOR POLISI JERMAN DI BERLIN Tel (04930) 4664664,Hamburg Tel: (04940) 19296,428676767,428650 E-Mail: lka.7011@hamburg.de ATAU HUBUNGI REDAKSI BILD REDAKSI DI TEL (06231)70696441

JERITAN HATI MASYARAKAT 4

JERITAN HATI MASYARAKAT 4
HARI INI MASIH ADA PEJABAT YANG MENGGUNAKAN JILBAB MENGHINA WARTAWAN MEDIA CETAK MINGGUAN. BILA SEMUA PEJABAT MEMILIKI SIFAT BURUK. INDONESIA JADI APA? DAN APA KATA DUNIA

JERITAN HATI MASYARAKAT 3

JERITAN HATI MASYARAKAT 3
HARI INI MASIH ADA PEJABAT/STAF PAJAK & KEMENTERIAN KEUANGAN CURI UANG MASYARAKAT. APA KATA DUNIA? (BILD RI 28 MARET 2010)

JERITAN HATI MASYARAKAT 2

JERITAN HATI MASYARAKAT 2
HARI INI IBU SRI MULIANI MASIH MILIKI SIFAT MUNAK & SUKA MEMBUAL APA KATA DUNIA? (BILD RI 25 MARET 2010)

JERITAN HATI MASYARAKAT 1

JERITAN HATI MASYARAKAT 1
HARI INI MASIH ADA PEJABAT KORUPSI APA KATA DUNIA? (BILD RI 20 MARET 2010)